Apa itu Sistem Informasi Manajemen ???

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang berfungsi sebagai tulang punggung operasi organisasi. MIS mengumpulkan data dari berbagai sistem online, menganalisis informasi, dan melaporkan data untuk membantu dalam pengambilan keputusan manajemen. MIS juga merupakan studi tentang bagaimana sistem tersebut bekerja.

Image source: duytan.edu.vn


Tujuan SIM 

Tujuan dari SIM adalah meningkatkan pengambilan keputusan, dengan menyediakan data terbaru dan akurat tentang berbagai aset organisasi, termasuk:
Keuangan
Inventaris
Personil
Jadwal proyek
Pabrikan
Perumahan
Pemasaran
Bahan baku
R&D

SIM mengumpulkan data, menyimpannya, dan membuatnya dapat diakses oleh manajer yang ingin menganalisis data dengan menjalankan laporan.


APA YANG DIPERLUKAN DALAM MEMPELAJARI SITEM INFORMASI JIKA KITA PENIKMAT TEKNOLOGI?

Yang Anda butuhkan adalah minat pada teknologi dan keinginan untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Banyak orang berpikir bahwa MIS adalah pemrograman semua. Namun, pemrograman hanyalah sebagian kecil dari kurikulum kami dan ada banyak, banyak pekerjaan di MIS di mana Anda tidak memprogram. 

Setiap orang yang bekerja dalam bisnis, dari seseorang yang membayar tagihan hingga orang yang mempekerjakan dan memecat, menggunakan sistem informasi. Misalnya, supermarket dapat menggunakan database komputer untuk melacak produk mana yang paling laku. Dan toko musik bisa menggunakan database untuk menjual CD melalui Internet. 

Informasi tidak bernilai banyak jika tidak memiliki tujuan. Siswa SIM mempelajari bagaimana bisnis menggunakan informasi untuk meningkatkan operasi perusahaan. Siswa juga belajar bagaimana mengelola berbagai sistem informasi sehingga mereka dapat melayani kebutuhan manajer, staf, dan pelanggan. Siswa SIM mempelajari cara membuat sistem untuk menemukan dan menyimpan data dan mereka belajar tentang database komputer, jaringan, keamanan komputer, dan banyak lagi lainnya. 

Source:
https://duytan.edu.vn/infomation-technology/the-required-qualifications-for-the-new-management-information-systems-major-d9j
https://eller.arizona.edu/departments-research/schools-departments/mis/what-is-mis

Komentar