Alat Input Komputer: Scanner

Pengertian Scanner 
Scanner adalah perangkat yang menangkap gambar dari cetakan foto, poster, halaman majalah, dan sumber serupa untuk diedit dan ditampilkan pada komputer.


Image source: imagescience.com.au

Fungsi Scanner 

Menyalin Berkas 

Fungsi awal scanner ialah untuk menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.

Pendokumentasian 

Sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting.

Pengelolaan Berkas 

Ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul ialah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah. Dengan scanner setiap berkas dapat dikelola dan diketagorisasikan dengan mudah, ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja.

Pengamanan Berkas 

Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja, dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli. 

Jenis-Jenis Scanner 
Sampai saat ini scanner memiliki beberapa jensi dan berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan diantaranya seperti dibawah ini:

Flatbed Scannery merupakan scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio, sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukuran yang kecil.

PSC atau Print Scan Copy merupakan suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk mesin fotocopy.

Handy scanner merupakan scanner yang bentuknya postcard yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Sebab dapat digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada bercode barang tersebut.






Source:
https://whatis.techtarget.com/definition/scanner
https://www.dosenpendidikan.co.id/scanner-adalah/

Komentar