Alat Input Komputer: CD ROM/DVD ROM

Anda tentunya pastinya telah mengetahui sedikit banyak tentang CD/DVD ROM. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan kembali mengingatkan pengertian dan fungsi dari CD/DVD ROM, silahkan lihat penjelasannya dari artikel di bawah ini.

Image source: pro.co.id


CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja, secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ATA/IDE dan SCSI. Perbedaan keduanya terletak pada proses kecepatannya, jika jenis ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan jenis SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.

DVD ROM adalah suatu perangkat keras di dalam komputer yang berperan untuk membaca atau memutar piringan CD/DVD. DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc. Beda dengan CD ROM Drive, DVD Drive bisa digunakan untuk membaca Keping CD dan juga keping DVD. Namun, kata ROM (read only memory) baru bisa digunakan untuk membaca CD ATAU DVD.

FUNGSI CD/DVD ROM 

CD/DVD ROM berfungsi untuk membaca data dan menulis data ke dalam CD. Selain fungsi dasar tersebut, CD ROM juga berfungsi untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (Operating system), game, atau software-software lainnya atau melakukan booting pada saat masuk ke OS jika sebuah sistem tidak mau berjalan.

Perbedaan CD-R dan CD-RW 

CD ROM memiliki 2 jenis yaitu CD-R dan CD-RW. tiap jenis dari masing-masing CD ROM tersebut mempunyai kemampuan yang berbeda. CD-R hanya memiliki kemampuan untuk membaca data dari CD saja sedangkan CD-RW memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd, yang perlu kita ketahui juga bahwa CD RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.



Source:
https://www.pro.co.id/pengertian-cd-dvd-rom-fungsi-dan-perbedaan-cd-dvd-rom-pada-komputer-lengkap/
https://ranah-informasiku.blogspot.com/2017/03/pengertian-dan-fungsi-cd-rom-pada.html

Komentar